SECUIL TENTANG KREATIVITAS

Definisi Kreativitas

Definisi paling umum adalah penciptaan baru yang memiliki makna bagi dunia. Namun definisi tersebut hanya berlaku bagi orang dewasa dan tidak kompatibel bagi anak-anak. Para peneliti kreativitas membagi kualitas kreativitas sbb: Kreativitas “C” dan Kreativitas “c”. Kreativitas “C” menghasilkan kebaruan dan mendapatkan diterima secara sosial/budaya, sedangkan kreativitas “c” merupakan proses yang menghasilkan kebaruan bagi diri sendiri.

Seringkali kita melakukan kreativitas setiap hari (everyday creativity), seperti tadi siang saya buat takoyaki bentuknya bisa mirip tako (gurita) sampai dapat applause dari teman-teman. Kreativitas sederhana istilah ilmiahnya adalah mundane creativity atau P-creativity (Psychology) karena sifatnya individual. Sedangkan untuk kreativitas yang unggul akan diterima secara sosial/budaya (cultural validation) dan disebut H-Creativity (Historical)

Penelitian Sarkar dan Chakrabarti (2008) menganalisa 160 definisi kreativitas, mereka menyimpulkan secara umum bahwa kreativitas terjadi melalui sebuah proses dimana sang agen menggunakan kemampuannya untuk menghasilkan ide, solusi atau produk yang baru (novel) dan bermakna.

Definisi serupa lainnya yakni proses berpikir menghasilkan sesuatu yang tidak konvensional yang mungkin bermanfaat dan memberikan kepuasan bagi orang lain.

Karakter Kreatif

Peneliti kreativitas legendaris Csikszentmihalyi melakukan observasi langsung kehidupan lebih dari 90 individu paling kreatif dan berpengaruh di dunia selama lima tahun. Demikian banyak temuannya, beberapa diantaranya menyebutkan bahwa individu kreatif bukan karena genetis dan tidak terdeteksi sejak kecil. Proses berpikir dan berkarya yang dia nikmati semasa hidup menjadi sebuah flow yang membentuk dirinya menjadi “khas” (internalisasi domain). Manusia kreatif tulus mencintai dan menikmati (passionate) apa yang dia lakukan sehingga membawanya larut pada kenyamanan proses atau flow. Samasekali bukan karena genetik atau kejadian khusus yang membentuk apa yang ia sukai, namun ia membentuk sendiri apa yang ia sukai.

Individu kreatif selalu dipenuhi rasa penasaran dan gairah atas apa yang ia sukai, yang menarik adalah banyak individu kreatif ditawari posisi penting pemerintahan atau lembaga bergengsi dengan jaminan finansial dan posisi, namun mereka merasa telah memiliki kenyamanan dari yang ia sukai sehingga tidak tergiur dengan rutinitas dan comfort zone! 🙂

Referensi:

Baer, John. (1999). Encyclopedia of creativity: Vol. 1 A
– H. San Diego, CA: Academic Press.

Baer, John. (1999). Encyclopedia of creativity: Vol. 2 IZ.
San Diego, CA: Academic Press.

Csikszentmihalyi, Mihaly. (1996) Creativity: Flow and the Psychology of Discovery and Invention. New York: Harper Perennial

2 thoughts on “SECUIL TENTANG KREATIVITAS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s